wrapkit

Tips to Travel With Your Companion Animals

Travelling sepertinya menjadi tren untuk semua kalangan. menyiapkan rencana untuk bepergian adalah "seni" bagi sebagian orang, dan "mimpi buruk" untuk sebagian yang lain. Banyak persiapan dan pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum melakukan perjalanan, dan bagi kita, pecinta satwa, menambahkankan satwa dampingan dalam rencana traveling akan membuat rencana traveling yang sudah kompleks tersebut menjadi semakin kompleks.

Tapi bagi Anda yang hobi travelling, perjalanan adalah hal yang menyenangkan memberi banyak pengalaman baru yang seru, menikmati tempat-tempat yang indah. Dan tentunya, Anda juga ingin mengajak satwa dampingan kesayangan Anda untuk ikut menikmati pengalaman menyenangkan tersebut.

Tidak usah berputus asa, Anda masih bisa melakukan perjalanan jauh bersama satwa dampingan Anda dengan memperhatikan tips berikut ini:

 

  1. Siapkan kandang transport yang nyaman.
    Penting untuk keamanan penumpang dan sahabat kaki empat Anda, agar kucing atau anjing Anda tidak mengganggu pengemudi atau bahkan melompat keluar kendaraan.
     
  2. Berikan waktu istirahat kepada sahabat kaki empat Anda.
    Berada di dalam kandang dalam waktu yang lama pasti akan membuat satwa sahabat Anda stress, beri kesempatan mereka untuk beristirahat dan meregangkan otot dengan berjalan-jalan di luar kandang.
     
  3. Siapkan makan dan minum yang cukup sebelum berangkat dan dalam perjalanan.
    Berikan makanan dan minuman yang cukup sebelum berangkat, beri kesempatan juga untuk sahabat kaki empat anda untuk buang air agar mengurangi kemungkinan dia buang air ketika perjalanan.  Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan, Anda mungkin akan kesulitan menemukan makanan dan minuman untuk mereka nanti. Jangan lupa membawa juga kudapan favorit mereka untuk mengurangi stress yang pasti terjadi ketika dalam perjalanan.
     
  4. Siapkan harness/leash.
    Untuk mengamankan satwa dampingan Anda ketika rehat di sela-sela perjalanan atau ketika berada di rumah keluarga di kampung halaman. Mungkin kucing Anda tidak terbiasa memakai harness, jadi pakaikan dan biasakan dengan sabar.
     
  5. Waspada Heat Stroke
    Heat stroke atau serangan panas adalah kondisi disaat suhu tubuh naik secara ekstrim, terjadi karena paparan suhu tinggi yang bisa berakibat fatal. Gejalanya bisa dilihat ketika satwa dampingan Anda mulai bernapas cepat, merasa gelisah atau berliur, kondisi sudah parah ketika satwa dampingan Anda muntah-muntah dan pingsan. Cegah heat stroke dengan selalu menyalakan AC ketika satwa dampingan Anda berada di dalam kendaraan dan beri waktu untuk mendinginkan badan ketika cuaca panas. Perhatian ekstra harus diberikan untuk satwa dampingan yang berbulu tebal
     
  6. Selalu pantau kondisi kesehatan satwa dampingan Anda
    Cek kesehatan dan konsultasikan kepada dokter hewan tentang kondisi satwa dampingan Anda sebelum berangkat dan, minta obat anti mabuk atau obat-obatan lain jika perlu.

 

Happy Travelling

Salam,
Sahabatmu dan Satwa

AFJ

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia