wrapkit

SOLIDARITAS UNTUK SEMUA ENTITAS

SOLIDARITAS UNTUK SEMUA ENTITAS

Pada 28 Agustus 2020, relawan Animal Friends Jogja mengadakan aksi pembuatan mural edukasi di ruang publik di Jl. Agro, Kocoran, Caturtunggal, Sleman. Aksi ini dilakukan untuk memperingati Hari Untuk Mengakhiri Spesiesisme Sedunia (World Day for the End of Speciesism / WoDES)

WoDES jatuh pada tanggal 29 Agustus setiap tahunnya, yang diinisiasi oleh aktivis hak-hak hewan di Perancis yang tergabung di Pour l'Égalité Animale 6 tahun lalu.

Tahun ini Animal Friends Jogja memutuskan bergabung dengan kelompok aktivisme lain di seluruh dunia untuk menyuarakan penghentian diskriminasi terhadap satwa non-manusia. Seperti seksisme, rasisme, dan bentuk diskriminasi lainnya, spesiesisme adalah sistem kepercayaan bahwa yang berkuasa berhak menarik batasan untuk membenarkan eksploitasi kepada sesama hewan lain yang dianggap tidak setara dengan manusia dan yang tidak dianggap layak dicintai oleh manusia karena mereka berlabel 'hewan ternak' untuk dikonsumsi.

Banyak negara telah melakukan upaya bersama untuk memberantas seksisme dan rasisme dan hal yang sama tentu bisa dilakukan untuk kasus spesiesisme. Pada saat krisis ekologi ini, semakin penting untuk menyadari secara publik bahwa manusia berbagi bumi ini dengan makhluk lain yang juga mampu merasakan emosi dan layak dihormati. Moralitas umum dari semua masyarakat yang beradab adalah bahwa kita tidak dapat melakukan kekerasan pada makhluk lain hanya karena mereka berbeda.

Tahun ini adalah tahun pertama partisipasi Animal Friends Jogja dalam aksi memperingati Hari untuk Mengakhiri Spesiesisme Sedunia, aksi yang kami pilih kali ini adalah pembuatan mural edukasi di lokasi yang strategis di wilayah kampus UGM. Mural yang berisikan ilustrasi simbolik penghapusan batas antara satwa kesayangan pada umumnya dan satwa yang biasa dikonsumsi ini didesain oleh salah satu relawan AFJ, Ign Ade. Mural ini juga berisi pesan-pesan untuk menyadarkan publik bahwa semua entitas memiliki jiwa yang harus disayangi. “Kabeh Kewan Konco” (semua hewan itu teman) dan “Solidaritas untuk semua entitas” adalah ide yang ingin disampaikan melalui mural ini.

Kami berharap bisa menanamkan ide baik kepada publik untuk menyadari bahwa sahabat-sahabat kita para hewan non-manusia--apapun spesiesnya, tidak terbatas pada kucing dan anjing saja--adalah sama seperti kita, sesama 'sentient beings', hewan yang berperasaan dan bisa merasakan sakit.

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia