wrapkit

Pertimbangan Sebelum Adopsi Satwa

 

WOW! Salut untuk kamu yang sudah berniat untuk mengadopsi satwa daripada membeli! Dan untuk menyepurnakan pengalamanmu mengadopsi satwa nanti, AFJ akan membagi beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum akhirnya membawa anak kaki empat ke rumah.

Pertimbagan-pertimbangan ini tentu akan sangat dipengaruhi oleh jenis satwa yang akan kamu adopsi. Tapi secara umum, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

 

  1. KOMITMEN
    Anjing dan kucing adalah makhluk cerdas dan memiliki perasaan. Banyak kasus yang akhirnya ditangani AFJ adalah imbas dari kurangnya komitmen dari pemilik sebelumnya. Ingat bahwa ketika kamu mengadopsi, kamu berkomitmen untuk memberikannya kasih sayang sampai akhir hayatnya. Pastikan kamu sudah memasukkan anjing dan kucing dalam rencana kehidupanmu 15-20 tahun kedepan.

  2. RENCANA KEUANGAN
    Anjing dan kucing bergantung sepenuhnya kepada pendamping untuk hampir semua aspek kehidupannya, dan sudah tanggung jawabmu untuk memenuhi kebutuhan makan, medis dan lain-lain. Pastikan kamu mampu memberi mereka makan bernutrisi secara rutin setiap hari, mampu memberikan mereka vaksin dan sterilisasi (jika belum), biaya medis sewaktu-waktu dan barang-barang kebutuhan mereka yang lainnya.

  3. PERSETUJUAN SEMUA PENGHUNI/PEMILIK RUMAH
    Pastikan rencana mu mengadopsi disetujui oleh semua penghuni rumah atau pemilik rumah jika kamu masih menyewa. 

  4. LINGKUNGAN
    Tidak semua lingkungan ramah terhadap kucing/anjing. Pastikan lingkungan tempat tinggalmu tidak masalah dengan keberadaan mereka. Anjing terutama, membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar untuk bisa hidup bahagia. Sampaikan rencana mu mengadopsi satwa kepada tetangga-tetangga terdekat dan dapatkan dukungan dari mereka.

  5. RENCANA ALTERNATIF
    Pastikan kamu memiliki rencana alternatif jika mungkin kamu perlu meninggalkan mereka dalam waktu agak lama, perjalanan luar kota misalnya. Tentukan siapa yang akan merawat mereka selama anda tidak berada disamping mereka.
     

  6. SPACE
    Pastikan rumah atau hunian kamu memiliki space aman yang sesuai dengan jenis satwa maupun karakter dari satwa tersebut.
     

  7. WAKTU
    Pastikan kamu memiliki waktu untuk bermain-main bersama mereka.

 

UNTUK KUCING

  1. Umur Kucing
    Kitten memiliki tantangan yang jauh berbeda dari Kucing Dewasa ketika kamu mengadopsi, bahkan untuk pendamping berpengalaman pun. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang cukup sebelum mengadopsi.
     

  2. Karakter Kucing
    Setiap kucing memiliki karakter yang berbeda-beda, pastikan gaya hidupmu sesuai dengan karakter kucing yang ingin kamu adopsi. Jangan mengadopsi kucing yang super manja jika kamu tidak bisa memberi mereka perhatian melimpah misalnya.

  3. Rumah yang Aman
    Pastikan rumah mu dan lingkunganmu aman untuk kucing. Kucing suka naik ke rak rak dan mungkin bisa menjatuhkan barang-barang mu. Atau memakan makanan-makanan (yang mungkin beracun bagi kucing) yang tidak kamu simpan dengan baik. Rapikan juga kabel-kabel yang menjuntai agar tidak membahayakan kucing yang penuh rasa ingin tahu.

 

UNTUK ANJING

  1. Umur Anjing
    Hampir sama seperti kucing, rentang umur Anjing yang berbeda membutuhkan persiapan yang berbeda pula. Misalnya puppies membutuhkan banyak waktumu untuk melatih dia agar dia paham kebiasaan-kebiasaan apa yang kamu tidak suka dan yang kamu suka.

  2. Karakter dan Tingkat Energi
    Setiap anjing memiliki karakter dan tingkat energi yang berbeda-beda. Adopsi Anjing yang sesuai dengan gaya hidupmu, misal jika kamu aktif berolah raga outdoor, kamu bisa mengadopsi anjing-anjing dengan karakter penjelajah atau dengan tingkat energi tinggi.  Untuk kamu yang hobi rebahan, tentu akan lebih cocok dengan anjing rumahan yang memiliki energi yang hanya cukup untuk rebahan.

  3. Lingkungan yang Aman
    Di Indonesia, tidak semua lingkungan ramah terhadap anjing, ini harus menjadi pertimbangan awalmu. Sampaikan rencana mu untuk mengadopsi anjing ke tetangga-tetangga dekat, dan dapatkan dukungan dari mereka. Laporkan juga ke Ketua RT jika perlu. Karena kamu akan membutuhkan lingkungan yang aman untuk aktivitas jalan-jalan Anjing nantinya.

  4. Waktu Untuk Jalan Jalan
    Pastikan kamu memiliki waktu luang untuk setidaknya mengajak mereka jalan-jalan sesuai tingkat energi Anjing yang nanti kamu adopsi. Anjing besar atau anjing yang aktif membutuhkan lebih banyak olahraga untuk mengeluarkan energi mereka. Pastikan kamu mampu menyediakannya.

  5. Pelatihan
    Anjing adalah hewan cerdas dan membutuhkan latihan mental untuk membuat mereka bahagia. Pastikan setidaknya kamu memiliki waktu untuk memberikan pelatihan dasar kepatuhan. Atau lebih baik lagi jika kamu menyediakan waktu lebih untuk memberikan kursus khusus atau pelatihan lengkap. Anjing yang terlatih akan lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain dan lebih aman jika berada di rumah. Latihan juga membantu kamu untuk membangun hubungan emosi dengan Anjing mu.


Setelah semua pertimbangan sudah dilakukan, saatnya kamu bertemu dengan anjing/kucing yang siap menerima cinta dan kasih sayangmu!

Anjing dan Kucing di Rumah Singgah akan sangat senang jika akhirnya mereka bisa menemukan keluarga yang ideal seperti kamu.

Kenalan dengan #AFJAdoptables di SINI

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia