wrapkit

Mekanisme Baru Baksos Sterilisasi di Masa Pandemi

Untuk sementara, selama pandemi COVID-19 Animal Friends Jogja tidak mengadakan sterilisasi bersubsidi untuk umum. Namun kami menerapkan mekanisme baru dalam pelaksanaan program sterilisasi (Spay & Neuter) AFJ.

Pandemi COVID-19 dan overpopulasi stray cat, bukanlah kombinasi yang pas. Ketika manusia disarankan untuk tinggal dirumah saja, membatasi kontak fisik dan saling menjaga diri dan orang sekitar dari penularan virus, kucing-kucing liar akan terus berjuang di jalanan.
 

Selama 10 tahun perjalanan Animal Friends Jogja, masalah over populasi seperti tidak pernah berhenti. Dengan Program Baksos Sterilisasi Bersubsidi, Animal Friends Jogja menjawab masalah itu dengan cara yang paling berkelanjutan, aman, dan welas asih. Namun kondisi pandemi tentunya membawa tantangan baru.

 

Semakin banyak kucing yang akan menderita di jalanan, karena dibatasinya aktivitas manusia di pasar maupun warung-warung membuat sumber makanan yang biasa mereka dapatkan berkurang secara drastis. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya kucing dampingan yang ditelantarkan di jalanan karena termakan isu bahwa kucing bisa memaparkan virus COVID-19 atau masalah ekonomi dampak dari pandemi. Akan semakin banyak kucing berada di jalanan dengan semakin sedikit sumber makanan yang ada.

 

Program Sterilisasi Animal Friends Jogja masih dan akan terus berjalan, namun ada beberapa adaptasi yang harus AFJ lakukan. Sterilisasi umum yang biasa AFJ lakukan sebelum pandemi COVID-19 tentu tidak lagi bisa dilakukan. Kerumunan pendamping satwa yang datang mengantarkan satwa kesayangannya maupun relawan dan staff yang membantu bisa menjadi titik panas kerumunan yang berisiko tinggi untuk kesehatan semua yang terlibat.

Mulai awal Juni kemarin, mekanisme baru sudah diterapkan untuk Program Sterilisasi AFJ. Atas keterbatasan sumber daya AFJ, Kami hanya harus mengurangi jumlah kuota kucing pasar peserta steril dari 60-an kucing perbulan, menjadi 32 saja. Program Sterilisasi Umum juga difokuskan untuk satwa-satwa dampingan warga yang paling terdampak pandemi. Untuk mengurangi jumlah kerumunan, kami menjemput calon pasien dan mengantarkan mereka kembali ketika sudah steril.

Subsidi silang dari baksos sterilisasi umum juga untuk saat ini praktis terhenti, beruntung saat ini kami masih melakukan galang dana melalui kitabisa.com sehingga saat ini pelaksanaan Baksos Sterilisasi bisa terus berjalan dengan 100% menggunakan dana donasi dari Anda.

AFJ optimis, dalam kondisi apapun selama kita berani bertindak, tidak ada tantangan yang tak dapat dijawab. Apalagi jika kita bergerak bersama dan saling mendukung.

Bagi Anda pendamping satwa yang berencana mensterilisasi satwa dampingan Anda dalam waktu dekat, kami mempunyai beberapa rekomendasi klinik atau dokter hewan yang bisa melakukan sterilisasi. Anda bisa menghubungi kami melalui email untuk info lebih lanjut: animalfriendsjogja@gmail.com

Dan tentu saja kami terus membuka donasi untuk Program Sterilisasi Untuk Satwa Dampingan Warga Paling Terdampak Pandemi. Silahkan salurkan kebaikan Anda melalui

BNI 0248838020

a/n Animal Friends Jogja (Sahabat Satwa Jogja)


Mohon menginformasikan tujuan donasi serta nominal via email setiap kali Anda mengirimkan donasi agar terdata dengan baik dan dapat kami kirimkan tanda terima donasi.

Salam sayang, sahabat mu.

Animal Friends Jogja

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia