wrapkit

Lebih Kuat dalam Menyambut Musim Hujan

Tidak hanya pada manusia, musim hujan juga dapat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh satwa dampingan kita. Kelembaban dan suhu dingin akan membuat mereka lebih rentan terkena penyakit akibat sistem kekebalan tubuh yang menurun. Bahkan, di musim hujan ini beberapa penghuni rumah singgah juga mengalami drop dan sakit. Berikut AFJ berikan tips untuk menjaga daya tahan tubuh satwa dampingan agar mereka tetap sehat dan terhindar dari virus atau penyakit yang mewabah di musim hujan ini:

  1. Pastikan kebersihan kandang 
    Jika ada kandang untuk satwa dampingan, pastikan bersihkan kandang secara rutin. Jangan biarkan kandang dalam kondisi lembab dan berbau. Bersihkan dari debu, kotoran, dan bulu satwa dampingan pada setiap sudut kandang. Bisa dimaksimalkan dengan penggunaan disinfektan agar kandang benar-benar bebas kuman dan bakteri. Selain itu, kandang satwa dampingan dapat diletakkan di ruangan dengan sirkulasi udara yang lancar.
     
  2. Pastikan kebersihan tempat makanan dan minuman
    Bersihkan tempat makan dan minum secara rutin dengan pembersih khusus dan air hangat. Jika tempat makan dan minuman dibiarkan tanpa dicuci, tentu akan berpengaruh pada kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh satwa dampingan.
     
  3. Bersihkan litter box dan ganti pasir secara rutin
    Jangan biarkan litter box dalam keadaan lembab dan berbau. Bersihkan kotoran satwa dampingan setiap hari dan ganti pasir litter setiap beberapa hari sekali. Cuci litter box dengan desinfektan dan air hangat untuk memastikan litter box benar-benar bersih dari bakteri dan kuman.
     
  4. Mandikan dengan air hangat
    Ketika musim hujan, cukup mandikan satwa dampingan dua kali dalam sebulan. Jangan menggunakan air biasa atau air dingin, lebih direkomendasikan menggunakan air hangat. Segera keringkan bulu setelah dimandikan, bulu yang lembab dapat menyebabkan kucing terkena jamur atau penyakit kulit lainnya.
     
  5. Sediakan air segar dan matang
    Berikan air yang matang atau air mineral untuk satwa dampingan anda dan ganti air minum setidaknya dua kali dalam sehari. Air mentah bisa menyebabkan diare dan berpotensi menularkan bakteri pada satwa dampingan.
     
  6. Rutin periksa kondisi kesehatan satwa dampingan
    Secara rutin, periksa kondisi kesehatan satwa dampingan. Keadaan satwa dampingan dapat dilihat dari ciri fisik dan keaktifannya. Jika satwa dampingan berubah menjadi pendiam, meringkuk menyendiri di sudut area rumah, menolak makan atau minum, dan muntah; segera bawa ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan medis terhadap satwa dampingan.
     
  7. Ajak main dan rangsang untuk beraktivitas
    Kurang gerak tidak akan baik bagi para satwa dampingan, terutama di musim hujan yang membuat mereka menjadi malas untuk bergerak. Ajak mereka main! Beri mereka permainan agar aktif berlari dan beraktivitas. Dengan terus beraktivitas, daya tahan tubuh mereka akan tetap kuat dan kesehatan tubuh mereka akan terjaga.
     
  8. Jangan terlalu sering biarkan kucing berkeliaran di luar rumah
    Saat musim hujan, akan ada banyak genangan air dan lumpur di luar rumah yang mana dapat menjadi sarang kuman dan bakteri.
     
  9. Menghindari kontak langsung dengan hewan atau manusia yang sakit
    Jika ada anggota keluarga pendamping satwa yang sedang sakit flu atau terkena penyakit kulit, lebih baik hindarkan kontak langsung dengan satwa dampingan. Karena ada resiko penyakit dapat menular ke satwa dampingan karena ada beberapa virus penyebab penyakit yang dapat menyerang baik manusia dan hewan.

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia