wrapkit

Kenapa kucing begitu aktif di malam hari? Bagaimana menangani nya?

Kenapa kucing begitu aktif di malam hari? Bagaimana menangani nya?

Beberapa kucing aktif di malam hari, atau terjaga dan 'gelisah ingin bermain' saat pagi buta. Karena banyak pendamping berada di tempat kerja atau sekolah/kampus  di siang hari, kucing dapat menghabiskan waktu siang hari untuk beristirahat dan bersantai dan tidur, terutama jika dia adalah satu-satunya satwa dampingan di rumah. Aktivitas kucing kemudian dimulai ketika pendamping tiba di rumah untuk memberi makan, bermain, dan melakukan interaksi sosial dengan kucing.

Waktu malam juga merupakan waktu yang paling alami bagi kucing untuk menjadi aktif karena mereka biasanya paling aktif mengeksplorasi saat senja dan fajar (ini dikenal sebagai perilaku krepuskular). Kegiatan malam hari adalah masalah yang cukup umum bagi beberapa pendamping kucing dan dapat mencakup kucing yang menggigit atau menerkam telinga atau kaki pendampingnya di tempat tidur, berjalan melangkahi pendamping yang tidur, bersuara di malam hari, atau bermain dengan penuh semangat di atas perabotan dan / atau pendampingnya pada malam hari atau dini hari.

 

Apa yang harus kita lakukan?

Pastikan bukan masalah medis

Bicaralah dengan dokter hewan Anda karena penting untuk menyingkirkan penyebab medis yang mungkin mendasari aktivitas malam hari sebelum mengatasi penyebab perilaku tersebut, misalnya nyeri dan masalah kelenjar seperti penyakit tiroid. Cobalah mengubah jadwal kucing secara bertahap untuk mengelola aktivitas malam hari. pendamping kucing dapat mencoba mengubah jadwal kucing secara bertahap dengan mendorong waktu bermain dan memberi makan pada siang hari dan jam malam sebelumnya, sehingga jadwal kucing lebih sesuai dengan jadwal manusia di rumah. Ini adalah teknik modifikasi perilaku dan dapat membantu menggeser waktu dimana kucing aktif.
 

Makan

Menyesuaikan waktu pemberian makan juga dapat membantu mengubah jadwal tidur kucing. Misalnya, dengan menawarkan makanan yang lebih ringan tetapi lebih sering dan dengan memberi makan malam pada waktu yang berbeda. pendamping dapat memberi makan lebih awal di malam hari dan kemudian makan lain yang lebih dekat dengan waktu tidur. Dengan cara ini, kecil kemungkinan untuk kucing membangunkan pendampingnya untuk makan malam.

Kucing secara alami berkeliaran dan berburu makanan mereka, jadi menemukan makanannya di tempat yang sama setiap hari adalah hal yang tidak wajar. Salah satu cara meningkatkan kualitas hidup kucing Anda dan mengurangi tingkah enerjik di malam hari adalah dengan menyembunyikan makanan di sekitar rumah - di jendela, rak buku, tersembunyi di dalam kantong kertas, gulungan toilet, dll. Dengan cara ini kucing Anda perlu mengeluarkan energi untuk menemukan makanannya, dan salah satu perilaku biologis alami kucing pun terpenuhi. Pada awalnya Anda mungkin perlu menunjukkan kepada kucing Anda bagaimana menemukan makanan, tetapi setelah beberapa kali mereka biasanya menjadi peka dan bisa menemukannya sendiri.

Pilihan makan alternatif lain adalah membeli dispenser makan otomatis untuk menyediakan makanan di tengah malam. Anda dapat mengatur waktu pengumpan untuk menyesuaikan ketika kucing secara alami menjadi lebih aktif, tetapi seperti metode di atas, Anda perlu mengajari kucing Anda pada siang hari bahwa perangkat ini bertanggung jawab untuk menyediakan makanan. Ada juga berbagai alat makan puzzle yang mengharuskan kucing melakukan sedikit usaha untuk mendapatkan makanan mereka dan memberikan stimulasi mental serta fisik.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menawarkan tulang daging mentah berkualitas manusia seperti sayap ayam mentah untuk makan malam beberapa kali seminggu dengan beberapa hari di antara setiap porsi. Selalu pastikan tulang daging mentah mentah dan berkualitas manusia. Mengunyah tulang-tulang berdaging mentah membutuhkan banyak kerja dan energi dan membantu melelahkan kucing dan membuatnya puas. Menghabiskan energi untuk mengunyah di malam hari dapat membantu menenangkan mereka untuk tidur nyenyak. Itu juga dapat menyibukkan mereka untuk waktu yang lama.

 

Waktu bermain harian, Perhatian dan Interaksi dengan Pendamping

Karena aktivitas malam hari mungkin merupakan bentuk permainan sosial dan perilaku mencari perhatian, pertimbangan pertama adalah apakah kucing mendapatkan jumlah interaksi sosial dan bermain sosial yang cukup pada siang hari dan malam sebelumnya. Ini mungkin sangat bermasalah untuk kucing satu-satunya di rumah tangga dan pendamping yang bekerja sepanjang hari. Menawarkan beberapa sesi bermain di sore / malam hari sebelumnya akan membantu mengeluarkan sebagian energinya dan memenuhi beberapa kebutuhan sosial dan perilaku kucing pada hari sebelumnya.

Pendamping juga dapat menyediakan berbagai mainan kucing yang aman. Pastikan semua mainan aman untuk kucing dan hindari mainan tali atau benda yang lebih kecil yang dapat tertelan karena ini bisa menjadi penghalang usus, yang bisa berakibat fatal. Bermain menggunakan mainan kucing yang aman adalah cara yang bagus untuk memberikan latihan sehari-hari dan secara positif meningkatkan hubungan antara hewan peliharaan dan pendamping. Kucing sering memiliki preferensi yang berbeda - misalnya, beberapa akan menyukai mainan burung sementara yang lain lebih suka kadal mainan - penting untuk diingat ini ketika membeli mainan. Beli beberapa varietas berbeda dan lihat mana yang paling disukai kucing Anda. Ingat variasi adalah kuncinya, jadi yang terbaik jika Anda memiliki 10 mainan maka hanya memiliki beberapa mainan sekaligus putar setiap beberapa hari.

Memberi teman dan banyak perhatian pada kucing sepanjang sore dan malam sebelumnya dapat membantu mengurangi aktivitas waktu malam. Kucing adalah makhluk rutin dan membentuk kebiasaan dengan sangat cepat, jadi ide yang bagus untuk membuat sesi bermain dan sosial ini disusun sekitar waktu yang sama setiap hari - dengan cara itu kucing akan mulai mengantisipasi waktu aktivitas tinggi dan menyesuaikan jam tubuh mereka di sekitar waktu-waktu tersebut.

Jika pendamping kebetulan berada di rumah untuk hari itu, bermain dan berinteraksi dengan kucing (asalkan kucing secara alami terjaga dan tertarik untuk bermain) juga akan membantu mengeluarkan energi yang akan membuat mereka lebih rileks pada malam hari.

 

Kucing muda

Anak kucing dan kucing yang lebih muda mungkin lebih cenderung menampilkan aktivitas larut malam karena mereka umumnya memiliki lebih banyak energi dan minat bermain daripada kucing yang lebih tua. Ini adalah kabar baik karena artinya dengan sedikit waktu dan kesabaran saat kucing bertambah tua, mereka cenderung mulai tidur lebih banyak sepanjang malam.

 

Wahana bermain dan enrichment:

Memperkaya lingkungan kucing dapat membantu menjaga kucing tetap aktif dan mencegah kebosanan di siang hari yang juga dapat membantu mengurangi aktivitas di malam hari.  Berikut beberapa tips untuk wahana bermain dan enrichment.

  • Berikan beberapa scratch post karena kucing suka menggaruk untuk menjaga kuku mereka dalam kondisi yang baik - beberapa kucing lebih suka scratch post horizontal daripada yang vertikal, jadi sebaiknya Anda memvariasikannya. Ingat juga scratch post harus kuat dan setidaknya 1,5 x panjang kucing saat dibentangkan.
  • Sediakan tempat persembunyian. Kotak-kotak kardus yang berlubang-lubang sangat bagus untuk petak umpet.
  • Kucing lebih suka tinggal dan beristirahat di ketinggian, jadi sediakan banyak tempat tinggi di dalam rumah agar kucing Anda menyaksikan dunia berlalu atau tertidur.
  • Dalam keadaan alami mereka, kucing lebih suka meminum air yang bergerak dann jauh dari lokasi makanan mereka, jadi membeli air mancur kucing adalah cara yang bagus untuk memperkaya lingkungan mereka. Beberapa model bahkan memiliki tempat untuk menanam cat grass juga!
  • Jika kucing itu kucing rumahan, Anda harus mempertimbangkan membeli kandang luar untuk membantu merangsang kucing di siang hari saat Anda sedang bekerja. Jika Anda memiliki tanaman, pastikan tanaman tersebut aman untuk kucing (tanyakan terlebih dahulu kepada dokter hewan jika Anda tidak yakin) dan perhatikan juga bahwa tanaman umum tertentu, seperti bunga lili, sangat beracun bagi kucing, jadi pastikan tidak ada pada area bermain  kucing Anda.
  • Pertimbangkan untuk membeli tanaman catnip atau catgrass untuk memberikan hiburan tambahan. Akses aman dari area indoor  ke kandang outdoor, jalan keluar dengan pengawasan pendamping dan memiliki dua kucing yang rukun akan sangat meningkatkan aktivitas dan stimulasi untuk kucing rumahan.

Jika teknik modifikasi perilaku tidak berhasil, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter hewan Anda untuk saran lebih lanjut. Dalam kasus yang sangat parah dan jarang terjadi dan jika semua opsi lain gagal, dokter hewan dapat meresepkan obat untuk membantu.

Disadur dari:

https://kb.rspca.org.au/knowledge-base/my-cat-is-very-active-at-night-and-keeps-waking-me-up-what-should-i-do/

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia