wrapkit

Ini Cerita Momon

Ketika Kami Bertemu Dengannya

Kami masih ingat, pada 2014, AFJ menerima laporan ada anjing ditusuk dengan bambu tajam. Anjing itu bernama Momon, satu dari sembilan anjing yang setia menemani seorang pria yang kehilangan segalanya. Masalah finansial dan ketidaktahuan tentang cara pemeliharaan yang benar membuat kesembilan anjing tersebut kami temui dalam kondisi yang kurang gizi, tidak divaksin, tidak steril, dan karena para anjing tidak disosialisasikan ke lingkungan, mereka TIDAK PERCAYA KEPADA MANUSIA kecuali kepada sang perawat.

Momon dan kawan-kawan tinggal di lingkungan yang sangat tidak kondusif. Sebuah rumah tua seadanya yang itu pun akan segera disita, ditambah lingkungan yang tidak menyukai kehadiran mereka, membuat sang perawat tidak mungkin melanjutkan merawat Momon dan kawan-kawan. Meninjau daruratnya situasi,  AFJ harus segera membawa Momon dan kawan-kawannya ke rumah singgah, merawat lukanya dan mengembalikan kesehatannya. Momon dan kawan-kawannya lah yang menjadi alasan kali kami harus "mengupgrade" rumah singgah kami untuk menjamin kelayakan hidup mereka disini.

Momon Di Rumah Singgah

Di rumah singgah, MMomon di Rumah Singgahomon bersama teman-temannya; Putput, Katie, Cipluk, Doyok, Shadow dan Charlie, belajar untuk mempercayai manusia kembali, Kami tahu, ini adalah sebuah proses yang sangat panjang. Namun selama 5 tahun, kami telah menjadi saksi kekuatan kasih! Momon yang lemah, kurus dan pemalu, perlahan menemukan jati dirinya menjadi Momon yang percaya diri dan gagah. Momon pun menjadi pemimpin kelompok, dengan anggota Katie, Putput, Cipluk dan Ulbul yang bergabung kemudian. Momon lah yang menengahi perselisihan antara Katie si ratu drama dan Ulbul yang usil. Momon juga selalu memimpin kawan-kawannya untuk duduk manis kala jam makan.

Harapan AFJ saat itu adalah Momon segera sehat, dan dia bersama ketujuh anjing lain segera menemukan rumah yang hangat dan keluarga yang mencintai mereka hingga akhir hayat.


Kondisi Momon Yang Menurun

Namun sampai 2019, Momon belum juga bertemu dengan keluarga impiannya. 5 tahun sudah dia bersama AFJ. Banyak kenangan manis kami bersama Momon. Kini kondisi kesehatan Momon semakin menurun. Sejak awal tahun ini, Momon sering mengalami kejang. Mulai dari seminggu sekali, setiap hari, sampai beberapa jam sekali. Segala upaya AFJ lakukan untuk mengobati Momon, dalam keterbatasan kami, AFJ membawa Momon ke ahli pijat kepercayaan kami, mencoba memeriksakan kondisi medis Momon sampai tes lab pun dilakukan. Walau begitu, sampai saat ini kami belum bisa menemukan penyebab pasti kejangnya Momon (mungkin gabungan usia yang tidak lagi muda serta trauma fisik dan psikis yang dialami dulu). Menurut penuturan dokter, setiap kali dia kejang ada sel-sel otak yang rusak dan semakin sering dia kejang kondisinya akan semakin memburuk, dokter pun meresepkan pemberian phenobarbital untuk mengurangi interval kejangnya Momon, dan sekarang obat itulah satu-satunya yang bisa membuat Momon bisa beraktivitas. Fisik Momon semakin menurun, sekarang dia tidak seaktif dulu, berat badan yang dia pulihkan semenjak berada di rumah singgah juga menurun drastis, penglihatannya mengabur. Momon lebih memilih untuk berbaring di enclosure isolasinya, karena dia mulai sempoyongan jika berdiri terlalu lama. 

 

Walaupun kami harus semakin cerdik mengatur dana untuk Momon, puluhan anjing lain, serta ratusan kucing yang saat ini berada di rumah singgah, kami tidak menyerah, Momon tidak menyerah, perjuangan Momon pulih dari trauma fisik dan psikologi akan sia-sia jika dia menyerah dengan penyakitnya sekarang. Dan kami yakin masih ada Anda yang akan terus mendukung kami, baik melalui donasi atau doa. Baik melalui simpati maupun tenaga.


Dengan segala kerendahan hati, kami mohon doa dan dukungan untuk Momon.

Salam Sayang,

Animal Friends Jogja

 

____

Bagi Anda yang belum tahu, ada banyak cara untuk mendukung usaha Animal Friends Jogja. Cara terbaik adalah dengan menjadi adopter bagi satwa-satwa yang saat ini berada di rumah singgah AFJ, silahkan kontak kami melalui email: afjadoption@gmail.com untuk informasi dan syarat untuk menjadi adopter, galeri satwa bisa dilihat melalui akun instagram kami www.instagram.com/afjadoption atau akun AdopsiApp kami di www.adopsi.org/animalfriendsjogja.

Jika Anda tidak bisa menjadi adopter, Anda bisa membantu kami melalui Program Sponsor Satwa silahkan kunjungi laman kami www.animalfriendsjogja.org/sponsorship

Jika Anda tidak bisa menjadi sponsor, kami selalu menerima donasi melalui Rekening BNI No.Rek: 0248838020 atas nama Animal Friends Jogja (Sahabat Satwa Jogja)


 

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia