wrapkit

Emergency Kit untuk Satwa Dampingan

"Ohana means family. Family means nobody get left behind or forgotten.”

Kutipan diatas adalah potongan kalimat terkenal dari film “Lilo & Stitch”, artinya dalam keadaan apapun tidak ada anggota keluarga yang ditinggalkan atau terlupakan. Tentu saja hal itu berlaku pada satwa dampingan yang telah kita adopsi dengan komitmen. Mereka adalah anggota keluargamu juga. Sehingga sebagai pendamping satwa yang bertanggungjawab, satwa dampingan tidak boleh ditinggalkan ketika terjadi bencana dan keadaan darurat lainnya.

Emergency kit akan berguna agar kita lebih siap dalam melakukan evakuasi mandiri dan membawa satwa dampingan ke tempat aman hingga bencana berlalu. AFJ sudah siapkan daftar emergency kit untuk membantu kalian mempersiapkan emergency kit bagi satwa dampingan.

  1. Pet Cargo/Dog Crate/Cat Carrier untuk membawa satwa dampingan ke tempat yang lebih aman/posko pengungsian.
  2. Persediaan pakan dan air minum untuk satwa dampingan hingga beberapa hari. Jangan lupa pastikan persediaan pakan dan air cukup untuk tiap satwa dampingan yang ada dalam keluarga kalian.
  3. P3K, obat-obatan, dan rekam catatan medis satwa. 
  4. Foto satwa dampingan terbaru. Berguna untuk mencari dan mengidentifikasi satwa dampingan apabila mereka terpisah.
  5. Harness atau pet collar dengan tanda pengenal. Sebagai alat bantu untuk menandakan bahwa mereka berpemilik. Collar dengan ID dilengkapi dengan kontak akan memudahkan identifikasi satwa dampingan.
  6. Wadah untuk tempat makan satwa. 
  7. Litter tray atau kantung plastik.
  8. Mainan dan barang kesukaan satwa untuk mengurangi rasa stresnya akibat keharusan untuk beradaptasi dengan keadaan dan lingkungan baru.

Kesiapan emergency kit akan mempermudah proses evakuasi. Terutama bila kalian tinggal di sekitar Kawasan Rawan Bencana (KRB) dan bencana dapat terjadi sewaktu-waktu. Jadi, jangan lupa persiapkan emergency kit untuk satwa dampinganmu juga, ya!
 

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia