wrapkit

Dampak Buruk dari Pemacakan Anjing Maupun Kucing

Tempat ternak hewan atau sering juga disebut dengan tempat pemacakan, khususnya anjing dan kucing ras, merupakan bisnis yang tak berperasaan dan tak bertanggung jawab. Umumnya anak anjing dan kucing dijual di petshop, itu artinya mereka telah berkontribusi langsung ke rekening tempat pemacakan.

Sebaik-baiknya seorang peternak memperlakukan, namun anjing dan kucing akan mengalami stres di tempat pemacakan karena kondisi kurangnya lahan. Sehingga para anjing dan kucing tidak merasakan kondisi rumah yang nyaman. Mereka hidup di kandang yang sempit, tidak bisa hidup normal layaknya satwa dampingan yang bisa berlari dan bermain sesuai dengan naluri mereka. Bukankah hal ini sama saja bahwa tempat pemacakan tidak bisa memenuhi tanggungjawab? untuk memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan pada hewan?

Alih-alih memberikan kebahagian dan kesejahteraan dari tempat pemacakan, anjing dan kucing justru menuai dampak buruk dari bisnis ini. Apa saja Dampak Buruk dari Pemacakan Anjing Maupun Kucing?

1.  PENYEBAB OVER POPULASI

Tempat pemacakan merupakan faktor pemicu over populasi. Ya, memang benar. Banyak peternak yang tidak melakukan sterilisasi terhadap setiap anak anjing atau anak kucing, dengan alasan supaya hewan yang mereka jual bisa menghasilkan lebih banyak anak. Dan tentunya, ini juga merupakan kesenangan bagi pembeli. Senang jika mereka bisa memiliki banyak anjing dan kucing, terlebih golongan ras, yang mana bisa mereka jual dikemudian hari.

Buruknya, jika mereka membeli anjing atau kucing BUKAN demi keuntungan alias sekedar untuk koleksi, namun enggan melakukan sterilisasi, maka membludaklah jumlah anak-anaknya. Pada akhirnya, dengan banyaknya anak-anak, si pemilik akan merasa kewalahan mengurus bahkan tak sanggup lagi membiayai kebutuhan pokok satwa dampingan. Seperti yang kamu lihat, akibatnya berapa ratus ribu anjing dan kucing yang berakhir terbuang di jalanan, pasar maupun rumah singgah satwa.

Lalu, bagaimana cara mencegah dan menghentikan over populasi pada anjing dan kucing? Sederhana! Pendamping satwa yang bertanggung jawab adalah mereka yang memandulkan atau sterilisasi satwa dampingan sehingga tidak beranak pinak, bukan seperti peternak/pemacak yang justru menghasilkan lebih banyak anak satwa ke dunia setiap hari.

2.  PENGARUH KESEHATAN BAGI TRAH ANJING MAUPUN KUCING RAS

Tanpa campur tangan manusia, anjing dan kucing sudah mampu berkembang biak dengan cara yang alami. Namun, manusia selalu saja memiliki hasrat untuk turut campur. Di tempat pemacakan anjing maupun kucing, kesehatan dan kesejahteraan hewan-hewan disini seringkali tidak diprioritaskan.

Pemacakan adalah tindakan berlebihan, sebab terkait dengan permintaan kucing dan anjing yang menimbulkan masalah kesejahteraan karena penelantaran atau pembunuhan jutaan kucing dan anjing setiap tahun.

Menyadur dari One Green Planet, fakta menunjukkan bahwa :

"Sekitar 2,7 juta anjing dan kucing di tempat pemacakan disuntik mati setiap tahun."

Menurut sebuah penelitian, anjing dan kucing TIDAK MENDAPATKAN MANFAAT KESEHATAN secara spesifik setelah pemacakan. Anjing hasil perkawinan antar ras ataupun berbeda, sangat rentan terhadap masalah kesehatan.

Seperti dikutip dari BBC, ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan tertentu yang dikawinkan sedarah dapat memiliki lebih banyak dampak negatif daripada yang positif. Juga sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. David Balding, meneliti perkawinan sedarah pada anjing ras murni. Studi ini menemukan bahwa sebagian besar anjing ras murni menderita masalah yang disebabkan oleh alel resesif, seperti penyakit jantung, tuli dan perkembangan sendi pinggul yang abnormal.

3.  MEMBAHAYAKAN & MENGORBANKAN KESEHATAN ANJING MAUPUN KUCING

Semakin banyak memproduksi  anjing dan kucing (ras)— entah untuk menghasilkan uang atau untuk mendapatkan karakteristik tertentu pada hewan — akan berbahaya bagi hewan yang dihasilkan dari pemacakan.

Padahal anjing dan kucing tidak seperti manusia yang peduli akan penampilan fisik. Mereka yang justru stres dan menderita akibat manipulasi manusia. Terlebih, jika perkawinan sedarah terjadi, akan menyebabkan cacat genetik yang menyakitkan dan mengancam nyawa anjing dan kucing “ras”, termasuk displasia pinggul yang dapat menyebabkan kelumpuhkan, kebutaan, tuli, cacat jantung, masalah kulit, dan epilepsi.

BAGAIMANA SEHARUSNYA BERTINDAK DAN BERTANGGUNG JAWAB?

“ADOPSI: SATU-SATUNYA PILIHAN WELAS ASIH”

Tidak ada alasan untuk membiakkan hewan bahkan untuk mendukung pemacak. Jika kamu mengaku menyayangi hewan dan siap merawat mereka seumur hidup, pilihan yang welas asih adalah dengan cara mengadopsi dari rumah singgah/penampungan hewan. 

Di rumah singgah/shelter/tempat penampungan satwa terdapat banyak anjing dan kucing yang membutuhkan rumah. Hati mereka penuh dengan harapan agar bisa melihat keluar kandang walaupun sekedar menunggu seseorang untuk dicintai. Kami yakin, kamu akan merasa bahagia dan berguna ketika kamu memilih untuk menyelamatkan hidup mereka juga mendapatkan sahabat baru.

Dengan mengetahui fakta tersebut, yuk tahan diri kamu untuk membeli satwa pendamping. Jika kamu benar-benar ingin melindungi anjing maupun kucing dan ingin mengurangi jumlah satwa tunawisma yang tinggal di rumah singgah/penampungan, pilihan terbaik adalah ADOPSI. JANGAN BELI! Terlepas dari apakah kamu menginginkan satwa ras murni atau campuran, mengadopsi adalah cara terbaik untuk mendapatkannya. Jangan remehkan anjing maupun kucing lokal. Mereka juga bisa tampil lucu dan menggemaskan jika kamu rawat dengan tepat. Yakin lah!

Pastikan satwa dampinganmu sudah sterilisasi yaa untuk mencegah over populasi dan mengusik kesejahteraan mereka. Mari berbuat kebaikan dan bersikap welas asih terhadap seluruh makhluk ciptaan Tuhan. #BeAHero

 

Kecup Sayang,

Anak-Anak Kaki Empat Animal Friends Jogja

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia