wrapkit

Cara Street Feeding Yang Baik

Panduan Street Feeding mu

Jangan binggung memulai untuk membantu perjuangan kucing dan anjing dijalanan! Inilah cara Street Feeding yang baik dan bertanggung jawab! 


AFJ bersyukur, semakin banyak orang yang akhirnya peduli kepada satwa tak berpendamping di jalanan. Semakin banyak kelompok-kelompok atau individual yang meluangkan waktu tenaga dan rejeki nya untuk kucing jalanan dengan memberi makanan untuk kucing-kucing dan anjing-anjing jalanan.
 

Dulu kebanyakan orang melihat kucing-kucing liar sebagai “hama” (sedih) yang mengganggu warga di perumahan maupun tempat-tempat usaha. Namun syukurlah, perjuangan mereka mulai menyentuh hati sebagian masyarakat, para penyayang satwa.  Dan orang-orang baik inilah yang kemudian mulai berusaha membantu satwa-satwa jalanan, dimulai dari yang paling mudah --menyediakan kebutuhan hidup dasar mereka, makanan!

Sudah ada beberapa kelompok, komunitas atau individu yang sudah rutin memberi makan kucing-kucing jalanan, namun harus diakui juga, mereka masih menjadi bagian kecil dari masyarakat. Penolakan maupun pandangan miring masih saja datang dari mayoritas masyarakat. “Ngapain sih repot-repot mbak?, cuma kucing aja loh, kan kotor itu mbak. mending duitnya buat (isi dengan kelompok masyarakat rentan lain)” “kalau dikasih makan terus nanti gangguin lo mbak, bikin kotor!” kata kata sejenis ini mungkin sudah sering didengar kamu kamu yang sering street feeding. Hal ini tentunya menjadi tanggung jawabmu juga sebagai penyayang hewan dan bagian dari masyarakat untuk meminimalisir konflik antar keduanya.

Nah berikut beberapa jalan agar KAMU bisa membantu satwa jalanan DAN masyakarat sekitar! Dengan menjadi street feeder yang bertanggung jawab tentunya.


Waktu dan Tempat:

Waktu dan tempat adalah faktor penting dalam street feeding. Tidak semua tempat bisa dijadikan lokasi street feeding, tempat-tempat keramaian dimana orang sering lalu lalang tidak akan ideal untuk tempat makan satwa-satwa jalanan. Berkumpulnya satwa jalana bisa mengundang anti-pati dari beberapa orang yang tidak suka dengan keberadaan mereka. Tempat yang banyak anak kecil juga tidak disarankan untuk lokasi street feeding karena berisiko tinggi terhadap anak-anak maupun satwa jalanan. Pilih tempat yang sepi dan cukup luas untuk kucing atau anjing jalanan berkumpul dan makan dengan tenang. Pilih waktu-waktu paling sepi orang mondar mandir di area. Malam hari atau pagi subuh biasanya menjadi pilihan yang aman karena tidak banyak orang yang berada di lokasi.

Feeding yang bertanggung jawab vs Feeding yang tidak bertanggung jawab

Ketika kamu terjun menjadi penyayang satwa jalanan, kamu juga mau tidak mau harus menanggung beban mereka. Seiiring kedekatan kamu dengan mereka kamu secara tidak langsung menjadi pelindung mereka, mereka percaya denganmu dan kamu harus menghormati kepercayaan itu. Ditambah lagi karena saat ini mereka tidak punya siapa-siapa selain kamu. Oleh karena itu dengan memberi mereka makan, kondisi lain mereka juga harus menjadi perhatian kamu. Sterilisasi mereka, pemberian obat cacing dan vaksin reguler akhirnya akan menjadi tanggung jawabmu. Konflik antara satwa dan manusia akan terminimalisir dengan populasi satwa jalanan yang terkontrol dan sehat, dan ini adalah TUJUAN UTAMA kita.
 

Masih belum yakin? Berikut alasan kenapa kamu harus melakukannya:

  • Sterilisasi: Membantu menjaga populasi hewan dalam kontrol, sehingga meminimalkan risiko konflik manusia-hewan.

  • Deworm: satwa jalanan terkena beberapa bakteri yang menyebabkan cacing di dalam tubuh mereka. Deworming membantu dalam mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari apa yang mereka makan serta kondisi kesehatan secara keseluruhan.

  • Vaksinasi: Untuk mencegah penyebaran penyakit dan infeksi yang mungkin menjangkit karena berbagai faktor lingkungan. Memastikan anjing dan kucing jalanan di lingkunganmu tidak menularkan penyakit zoonosis ke manusia.

Dengan melakukan ketiga tanggung jawab ini, kamu akan membantu memberikan kesehatan optimal untuk satwa jalanan di lingkunganmu. Satwa yang kesakitan dan menderita adalah beberapa alasan yang dapat membuat mereka berlaku merusak maupun menyerang karena kesakitan dan ketakutan. Anjing jalanan yang sehat dan telah divaksinasi jauh lebih bersahabat dan lebih jarang menunjukkan perilaku agresif.
 

Pendekatanmu:

Kamu harus memahami bahwa kamu tidak hanya sedang berurusan dengan satwa jalanan yang ingin kamu beri makan tetapi juga bagian masyarakat yang mungkin menentangnya. Warga setempat dari lingkungan tempat kamu memberi makan dapat mengajukan keberatan dan satu-satunya cara untuk menghadapinya adalah komunikasi yang sopan. Minta izin kepada warga setempat dan jelaskan tujuan dan maksud kamu berada disana, lebih baik lagi jika kamu ikut mengedukasi dengan cara yang sopan dan ramah. Mungkin saja mereka juga akan ikut tergerak hatinya dan menjadi rekanmu menyelamatkan satwa jalanan.

Pemberian makan yang benar:

Apa yang sedang kamu lakukan adalah berkah untuk satwa jalanan; apalagi, mungkin hanya kamu lah yang memberi mereka makanan. Adalah kewajibanmu untuk memberikan mereka makanan yang sehat, tepat dan membantu mereka memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Siapkan makanan yang sesuai, kombinasi dryfood dan wetfood untuk kucing, atau campuran nasi, sayur dan dogfood untuk anjing. Selalu pastikan bahwa makanan yang kamu berikan aman dikonsumsi oleh mereka. Jangan lupa juga bahwa tugasmu tidak berhenti di pemberian makan saja. Memastikan lokasi feeding kembali bersih seperti sebelum kegiatan kamu juga menjadi tanggung jawabmu.
 

Feeding yang tidak merusak lingkungan:

Last but not least, dalam upaya kamu untuk menciptakan keselarasan alam yang harmonis, mari kita juga memikirkan lingkungan juga. Meskipun tujuan utama kamu adalah memberi makan satwa jalanan, kesadar akan kerusakan lingkungan juga tidak kalah pentingnya. Salah satu cara terbaik untuk memastikan ini adalah dengan memilih wadah makanan yang ramah lingkungan dan memastikan kamu membersihkannya setelahnya. Hindari plastik atau wadah murahan yang kemungkinan dilapisi dengan bahan kimia berbahaya yang dapat berdampak buruk pada satwa jalanan atau lingkungan.

Dan yang terpenting, terima kasih telah memilih untuk melakukan perbuatan mulia ini! Memberi makan satwa jalanan memang merupakan perbuatan yang baik dan disarankan untuk kehidupan berdampingan yang menyenangkan antara satwa dan manusia. Jadi TERUS SEMANGAT!, dan pastikan untuk melakukannya secara bertanggung jawab!

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia