wrapkit

Alasan Kucing Dampingan Tidak Menggunakan Litter Box di Rumah

Mungkin beberapa dari kita yang memiliki kucing dampingan di rumah harus berurusan dengan sofa atau kasur yang tiba-tiba berbau pesing. Ternyata sang pelaku tidak lain adalah kucing dampingan kita sendiri. Padahal sudah tersiap litter box lengkap dengan pasir litter di salah satu sudut rumah. Perilaku ini bukan berarti mereka nakal atau menunjukkan rasa tidak suka kepada kita. Jadi, jangan merasa kesal, menghukum, apalagi membuang kucing dampingan kita ya!

Nah, berikut beberapa alasan mengapa kucing dampingan tidak menggunakan litter box ketika mereka buang air.

  1. Ada Masalah dengan Kesehatannya
    Faktor kesehatan menjadi hal yang perlu kita perhatikan ketika kucing mulai tidak menggunakan litter box. Berbagai penyakit seperti infeksi saluran kencing, penyakit ginjal, hingga diabetes dapat menyebabkan para kucing tidak mampu buang air di litter box.
  2. Mereka Merasa Tidak Nyaman
    Kucing juga dapat merasakan perasaan cemas dan tertekan seperti manusia. Kondisi litter box yang tidak bersih atau berada di keramaian dapat memicu mereka merasakan hal tersebut. Lokasi peletakan litter box, ukuran litter box, bahkan jenis pasir yang digunakan juga dapat mempengaruhi bagaimana mereka menggunakan litter box.
  3. Para Kucing Merindukan Pendampingnya
    Walaupun pada dasarnya kucing memiliki insting soliter, kucing domestik adalah satwa yang membutuhkan interaksi sosial dan mampu hidup berkelompok. Karena itu, atensi dan afeksi adalah hal yang selalu dituntut para kucing dampingan kepada kita. Jadi, ketika kita terlalu sibuk dan tidak memperhatikan, para kucing dampingan dapat merindukanmu dan mengutarakannya dengan buang air sembarangan. Bagi para kucing, menggabungkan bau si pendamping dengan bau feromon mereka yang ada di urin adalah cara mereka mengatasi rasa rindu

Jadi, sebagai pendamping satwa yang berkomitmen, kita harus memahami bahwa ada beberapa macam situasi dan kondisi yang menentukan kenyamanan si kucing dampingan hingga mereka menolak menggunakan litter box. Justru dengan memarahi atau menghukum akan memperburuk keadaan kucing dampingan kita. Amati mereka! Jika ada gejala gangguan medis, usahakan berikan mereka pengobatan. Jangan lupa pastikan kebersihan litter box terjaga dan sesuai untuk para kucing dampingan kita.

wrapkit

We are simply friends who share similar views on treating non human animals with the respect and compassion they so rightly deserve.

Including the right to live free from unnecessary suffering and exploitation.

Reach us on Social Media

Our location is strictly unpublished due to safety and educational reason. To visit us, please make an appointment by sending us a request email. Make sure you have read our FAQ section before sending an email. It might need time until we finally keep-in-touch

This site is donated by Oninyon Software Solution - PT. Oninyon Revolusi Kreatif Indonesia